Bootstrap 4

This is a simple hero unit, a simple jumbotron-style component for calling extra attention to featured content or information.


It uses utility classes for typography and spacing to space content out within the larger container.

Learn more

Community Based Care (CBC)

Community Based Care (CBC)

Program layanan yang merupakan tindak lanjut bagi ODH yang telah mendapatkan program regular, KIE, HBC dan Rumah Antara agar mereka membentuk kelompok dan melembaga dengan tujuan saling menguatkan sehingga tidak merasa sendiri. Melalui organisasi, ODHA bisa saling menguatkan dan mandiri dengan dukungan dari instansi terkait di daerah. CBC diprioritaskan di daerah yang belum terdapat LSM/Yasayan/Organisasi pemerhati HIV/AIDS, sehingga nantinya binaan CBC akan melahirkan Yayasan/Organisasi pendampingan HIV/AIDS yang baru di daerahnya.

Tahapan Kegiatan

  1. Pertemuan Awal
  2. Pertemuan awal dilakukan sebagai bentuk inisiasi dalam membentuk Kelompok Dukung Sebaya (KDS) sebagai awal organisasi.

  3. Penguatan Kelembagaan
  4. Anggota KDS diberikan pengetahuan dan metode pendampingan ODHA sehingga mereka bisa menjado EPT (Expert Personal Trainee) dengan mindset “Aku sadar, aku tahu, aku berbagi”. EPT inilah yang akan menjadi pioneer dalam memberi pendampingan hingga edukasi kepada masyarakat terkait HIV sehingga stigma dan deskriminasi dapat dihilangkan.

  5. Pembentukan Lembaga/Organisasi
  6. Setelah KDS memiliki kemampuan yang memadai, maka secara perlahan KDS yang ada akan dibantu oleh balai untuk membentuk Yayasan/Organisasi yang legal dan resmi. Tujuan pembentukannya yaitu untuk memudahkan mereka mendapatkan bantuan operasional dari Balai/Kementerian maupun pihak yang peduli dalam penanggulangan HIV/AIDS.

  7. Fasilitasi CBC
  8. Kegiatan untuk mendukung operasional Yayasan/Lembaga yang terbentuk melalui pemberian modal berupa bahan, dan kelengkapan/peralatan yang diperlukan diawal berdiri.

  9. Operasional Kegiatan CBC
  10. Pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan dalam Yayasan/Organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

  11. Supervisi dan Monitoring
  12. Memantau perkembangan Yayasan/Organisasi yang telah terbentuk dalam melakukan pendampingan bagi ODH di daerah mereka. Yayasan/Organisasi dengan capaian yang baik akan mendapatkan bantuan berkala dari Balai sebagai dukungan operasional.

    Alur Layanan

      alur layanan CBC