Bootstrap 4

This is a simple hero unit, a simple jumbotron-style component for calling extra attention to featured content or information.


It uses utility classes for typography and spacing to space content out within the larger container.

Learn more

Sosialisasi Program Layanan BRSODH "Wasana Bahagia" Ternate di Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara


Pada tanggal 1 April 2019 Seksi Assesmen dan Advokasi Sosial BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate melaksanakan kegiatan sosialisasi ke Tobelo, Kabupaten Halmahera Utaar. Dalam sosialisasi kali ini Bapak Udan Suheli, selaku Kepala BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate menjadi narasumber utama didampingi oleh Kepala Seksi Assesmen dan Advokasi Sosial yaitu Bapak Sungadi. Sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan program layanan yang dimiliki oleh BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate dalam rehabilitasi sosial terhadap ODHA. Kegiatan sosialisasi di Kabupaten Halmahera Utara ini dihadiri oleh 20 peserta yang merupakan representasi dari berbagai pihak seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, LKS/LSM Pemerhati ODHA dan Kelompok Dukung Sebaya (KDS).

Acara dibuka dengan sambutan dari pihak Dinas Sosial sebagai instansi tuan rumah sekaligus sebagai mitra dalam penyelenggaraan sosialisasi BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate. Presentasi mengenai profil, visi dan misi serta tugas dan fungsi BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate dipaparkan langsung oleh Bapak Udan Suheli. Informasi tersebut disampaikan untuk memberikan gambaran awal bagi peserta sosialisasi untuk bisa lebih mengenal BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate. Acara dilanjutkan dengan pemaparan program dan layanan dalam maupun luar balai oleh Bapak Sungadi melalui slide presentasi yang menampilkan setiap program secara detail. Program Time Bound Shelter merupakan program layanan dalam Balai yang dilaksanakan selama 4 bulan, 2 bulan dan 2 minggu. Penerima manfaat layanan Time Bound Shelter akan mendapatkan fasilitas wisma, permakanan, peralatan mandi, hingga seragam.

Layanan Time Bound Shletre terdiri atas terapi sosial, terapi mental/spiritual dan terapi keterampilan. Keseluruhan kegiatan layanan Time Bound Shletre dilaksanakan oleh petugas/pegawai BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate yang te;ah ahli dan berpengalaman untuk memastikan ODHA mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya selama menjalani rehabilitasi sosial di BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate.

Program luar balai juga diperkenalkan oleh Bapak Sungadi pada saat sosialisasi. Program layanan tersebut antara lain Rumah Antara, Tim Reaksi Cepat, Home Based Care, Community Base Care, dan Komunikasi Informasi dan Edukasi. Infrmasi mengenai program luar balai tersebut diharapkan menjadi referensi bagi peserta yang ingin merujuk ODHA yang membutuhkan layanan sesuai dengan kebutuhan dan sasaran layanan yang ada di BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate.

“Kegiatan sosialisasi layanan di BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate sangat bermanfaat karena kita jadi tahu bahwa ada balai rehabilitasi sosial milik Kemensos yang khusus menangani permasalahan ODHA yang mencakup wilayah Halmahera Utara. Ini menjadi hal yang baik bagi kami untuk nantinya bisa berkoordinasi dalam rangka pendampingan dan rujukan terhadap ODHA yang membutuhkan rehabilitasi untuk pemulihan kondisi diri dan kesehatannya.” Ujar salah satu peserta yang berasal dari KDS di Kabupaten Halmahera Utara.

Acara sosialisasi kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dari peserta mengenai program layanan maupun gambaran lebih mendalam mengenai BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate. Banyaknya pertanyaan memicu diskusi yang informatif bagi seluruh peserta sekaligus menunjukkan concern berbagai pihak dalam penaggulangan permasalahan ODHA di Kabupaten Halmahera Utara. (Qadriansyah/Penyuluh Sosial)

Posted in Pelayanan Sosial on Apr 08, 2019