Balai Karya ‘Wasana Bahagia’ Ternate Laksanakan Assesmen Penerima Manfaat ATENSI Berbasis Komunitas


TERNATE (Selasa, 02 Februari 2021) - Kementerian Sosial RI melalui Balai Karya ‘Wasana Bahagia’ Ternate melaksanakan kegiatan asessmen terhadap penerima manfaat program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) berbasis komunitas. Berkerjasama dengan Klinik Jasmin RSUD Hasan Boesoerie Ternate, asesor balai melakukan asessmen kepada 20 orang dengan HIV (odha) yang berdomisili di Kota Ternate.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan mematuhi protokol pencegahan penyebaran covid 19 ini bertujuan untuk mengumpulkan data terkait masalah, potensi, dan kebutuhan penerima manfaat. Seperti kita tahu bahwa odha sangat rentan menerima stigma negatif dan perlakuan diskriminatif di masyarakat.

Ketika sesi wawancara salah seorang penerima manfaat menceritakan kepada asesor bagaimana beratnya ia menerima status HIV nya. “Saat itu dunia seolah berhenti berputar, saya tidak tahu darimana virus ini sampai pada diri saya. Saya khawatir keluarga akan menjauh” ujarnya. Ia mengetahui statusnya pada bulan September tahun 2020. Waktu itu ia kan melahirkan anak pertamanya. Setelah diberikan motivasi oleh tenaga kesehatan ia berkomitmen menjalani pengobatan ARV di salah satu Puskesmas di Kota Ternate. “Kini saya memilih untuk tidak terlalu memikirkan status hiv saya, saya menyibukkan diri dengan berjualan makanan dan fokus mengasuh anak saya”. Ia bersyukur tergabung dalam kegiatan ATENSI berbasis komunitas ini “Saya senang bergabung, saya merasa saya tidak sendiri “ ujarnya sambil tersenyum.

Selanjutnya asessor balai akan melakukan kunjungan kerumah penerima manfaat. Mereka akan menggali lebih dekat tentang sejauh mana penerimaan keluarga terhadap odha sekaligus menggali pengetahuan mereka seputar hiv dan perawatannya. Selain itu asesor juga akan menilai potensi ekonomi yang dapat dikembangkan oleh penerima manfaat. (ndaru.Peksos)

Posted in Pelayanan Sosial on Feb 01, 2021