RUMAH ANTARA : JEMBATAN AKSES LAYANAN KESEHATAN BAGI ODHIV

Mengapa Rumah Antara ? Di satu titik, kehidupan orang dengan HIV membutuhkan penguatan dari layanan kesehatan terutama jika ODHIV baru di ketahui status HIV atau ODHIV yang sudah mengalami infeksi opportunity dan atau sudah mendapatkan terapi ARV (anti retrofiral).

Permasalahan kesehatan yang dialami ODHIV memerlukan pemeriksaan dari dokter, pemeriksaan laboratorium dan pendampingan dari konselor. Di sisi lain keterbatasan fasilitas kesehatan yang ada di daerah di luar Kota Ternate menyebabkan layanan kesehatan tidak berjalan optimal, seperti layanan laboratorium, ketersediaan obat ARV dan terapi kesehatan lainnya. Jika seseorang ODHIV telah meminum ARV maka seumur hidup mereka harus minum obat tersebut dengan tingkat kepatuhan minum obat yang terjaga untuk menjaga kekebalan tubuhnya agar tidak menurun. Jika tidak teratur minum obat atau bahkan berhenti minum obat ARV maka penyakit lain akan mudah masuk dan terjadi komplikasi penyakit lainnya.

Di sisi lain, Rumah Sakit Umum Daerah Chasan Boesoerie yang berada di Kota Ternate merupakan Rumah Sakit rujukan layanan kesehatan bagi ODHIV di Maluku Utara, memiliki kemampuan dan fasilitas yang memadai untuk memberikan layanan kesehatan bagi ODHIV. Tetapi memiliki keterbatasan dalam memberikan layanan akomodasi bagi ODHIV yang akan mengakses layanan kesehatan yang diberikan.

Jika diibaratkan jalan yang terputus maka dibutuhkan jembatan untuk menghubungkan antara ODHIV dari daerah luar Kota Ternate dengan Rumah Sakit Umum Daerah Chasan Boesoirie.

Rumah Antara hadir untuk menjembatani permasalahan tersebut. Panti Sosial Rehabilitasi Sosial ODHIV Wasana Bahagia Ternate memiliki fasilitas akomodasi baik tempat menginap lengkap dengan pemenuhan kebutuhan dasar seperti makan,minum, perlengkapan mandi,dll, tenaga ahli pekerja social, dokter dan perawat yang semuanya memiliki kompetensi ilmu konselor HIV, serta alat transportasi.

Tahun 2017 Program Rumah Antara sudah di akses oleh 13 Orang Dengan HIV dan 7 orang pendamping Orang Dengan HIV dari luar Kota Ternate yaitu Halmahera Utara dan Halmahera Barat. Dan pada tahun 2018 sampai dengan bulan Maret ada 5 Orang dengan HIV yang mengakses Program Rumah Antara. Orang Dengan HIV yang datang ke PSRSODHIV Wasana Bahagia di Ternate mendapatkan akses layanan kesehatan untuk pengambilan obat ARV, pemeriksaan kesehatan, laboratorium dan konseling terapy ARV di Rumah Sakit Umum Daerah Chasan Boesiri Ternate.

ODHIV yang kemudian di sebut Penerima manfaat di Panti mendapatkan motivasi dan penguatan psikososial baik pengetahuan terapi ARV, pola hidup sehat, cara meminimalisir infeksi opportunistik. Penerima manfaat juga mendapatkan informasi mengenai Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV Wasana Bahagia Ternate baik mengenai program yang ada di panti maupun sarana dan prasana yang disediakan.

Dengan adanya layanan Rumah Antara di PSRSODHIV Wasana Bahagia di Ternate di harapkan mengurangi angka ODHIV yang loss follow up dan putus obat karena hambatan jauhnya akses pengambilan obat dan besarnya biaya transportasi dari daerah tempat tingalnya. (Dwiani R - Peksos Muda)

Posted in Pelayanan Sosial on Mar 22, 2018