Penyuluhan : Menentukan Tujuan Hidup


Tujuan hidup adalah sebuah visi atau kondisi yang diinginkan dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang untuk menentukan tujuan hidupnya agar arah kehidupannya jelas dalam mencapai kebahagiaan maupun kepuasan dalam hidupnya. Bagi ODH, tujuan hidup menjadi sangat krusial karena tanpa tujuan hidup, harapan hidup mereka akan sangat berpotensi menurun. Kebutuhan akan informasi mengenai topik ini ditindaklanjuti dengan pemberian penyuluhan sosial di BRS ODH “Wasana Bahagia” di Ternate bagi penerima manfaat pada tanggal 17 – 19 April 2019. Penyuluhan sosial mengenai cara menentukan tujuan hidup bagi ODHA dilaksanakan oleh Qadriansyah sebagai Calon Penyuluh Sosial di BRS ODH “Wasana Bahagia” dengan diawali perkenalan kepada sasaran garapan penyuluhan sosial.

Pelaksanaan penyuluhan sosial tentang cara menentukan tujuan hidup bagi ODHA berjalan dengan tertib, santai dan rileks. Teknik penyuluhan komunikasi diekseskusi oleh penyuluh melalui penggunaan bahasa dan istilah yang mudah dipahami oleh seluruh sasaran garapan penyuluhan sosial. Penyuluhan juga menggunakan teknik presentasi melalui pengaturan intonasi dan bahasa tubuh yang relevan dalam menjelaskan materi untuk memaksimalkan transfer informasi kepada sasaran garapan penyuluhan. Selain itu, penyuluh juga menggunakan teknik edukasi dengan meyakinkan sasaran garapan penyuluhan melalui pengajaran, penanaman nilai, opini secara intensif dalam proses pembelajaran yang santai dan kondusif.

Sesi tanya jawab juga dibuka untuk menggali seberapa jauh pemahaman dan pengetahuan yang diserap oleh sasaran garapan penyuluhan terkait materi penentuan tujuan hidup bagi ODHA yang disuluhkan penyuluh sosial. Banyak pertanyaan yang dikeluarkan oleh sasaran garapan mengenai materi tersebut sehingga penyuluh sosial mengarahkan untuk seluruh sasaran garapan untuk berdiskusi dalam membahas pertanyaan-pertanyaan yang ada. Melalui metode diskusi seperti ini, sasaran garapan akan mampu menempatkan diri dan terinspirasi dalam mengaplikasikan berbagai kiat dan cara untuk menentukan tujuan hidup mereka dan menentukan langka-langkah dalam mencapainya. Kombinasi antara teknik presentasi dan tanya jawab disesuaikan dengan konteks materi yang disampaikan untuk memastikan optimalnya informasi yang tersalurkan kepada sasaran penyuluhan sosial. (Qadriansyah/Penyuluh Sosial)

Posted in Pelayanan Sosial on Jun 18, 2019