Bootstrap 4

This is a simple hero unit, a simple jumbotron-style component for calling extra attention to featured content or information.


It uses utility classes for typography and spacing to space content out within the larger container.

Learn more

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas BRSODH "Wasana Bahagia" Ternate Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)


Reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional. Dalam perjalanannya, banyak kendala yang dihadapi, diantaranya adalah penyalahgunaan wewenang, praktek KKN dan lemahnya pengawasan. Melalui Permenpan No 52 Tahun 2014 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani, seluruh instansi pemerintah mendapatkan panduan untuk mewujudkan reformasi birokrasi yang akuntabel, melayani, bersih dan bebas KKN.

BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate sebagai Unit Pelaksana Teknis dibawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial saat ini sedang melakukan persiapan pembangunan Zona Integritas (ZI) untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). ZI adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Tahapan yang ditempuh oleh BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate antara lain :

  1. Deklarasi Kepala Balai mengenai kesiapan pembangunan ZI yang telah dipublikasikan pada lingkungan balai termasuk pada akses point balai seperti website di www.wasanabahagia.kemsos.go.id dan Instagram di @brsodhivtte.
  2. Pembentukan Tim Pokja WBK di lingkungan BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate
  3. Penandatangan dokumen pakta integritas bagi seluruh pegawai di BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate
  4. Penyusunan dokumen rencana kerja pembangunan ZI
  5. Rencana Aksi pembentukan ZI menuju WBK/WBBM di BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate
  6. Terdapat 2 jenis komponen yang menjadi fokus pembangunan ZI menuju WBK/WBBM di BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate yaitu komponen pengungkit dan komponen hasil. Komponen pengungkit terdiri atas Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Komponen hasil sendiri terdapat 2 komponen yaitu peningkatan pelayanan publik dan pemerintah bersih dan bebas KKN. Diharapkan pada Tahun 2019 ini, komponen-komponen pembangunan ZI menuju WBK/WBBM di BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate dapat tercapai tentunya dengan kerjasama internal dan pengawasan dari berbagai pihak termasuk masyarakat. (Qadriansyah/Penyuluh Sosial)

Posted in Pelayanan Sosial on Apr 22, 2019