Penandatanganan MoU Lintas Sektor tentang Standar Pelayanan Minimal Penanganan HIV/AIDS di Kota Ternate


Penanggulangan masalah HIV/AIDS di Maluku Utara masih terus ditingkatkan oleh pemerintah daerah setempat. Menurut data dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara tercatat permasalahan HIV/AIDS di Maluku Utara terus meningkat seperti tahun-tahun berikutnya jika tidak ada perhatian khusus dari seluruh pihak terkait dalam penanganan penyebaran hingga perawatan Orang dengan HIV di Maluku Utara. Berbagai program dan kegiatan penanggulangan HIV/AIDS di Provinsi Maluku Utara telah dilakukan oleh berbagai pihak, mulai dari pemerintah daerah, pemerintah pusat hingga organisasi dan masyarakat. Seluruh sector dan pihak terkait harus membangun komunikasi satu sama lain dalam rangka sinergi penanganan HIV/AIDS di Maluku Utara.

Salah satu upaya komunikasi tersebut dengan menggelar rapat koordinasi penguatan peran lintas sector untuk pemcapaian standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan menuju kesehatan semesta. Rapat koordinasi tersebut melibatkan berbagai stakeholder terkait, antara lain BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate, Dinas Kesehatan Kota Ternate dan juga Lembaga Permasyarakatan Ternate. Bapak Dr. Udan Suheli, AKs, M.Pd selaku Kepala BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate hadir sebagai representasi dari Kementerian Sosial dalam penanggulangan permasalahan HIV/AIDS di Kota Ternate.

spm1

Dalam rapat ini dibahas mengenai gambaran permasalahan dan persebaran Orang dengan HIV/AIDS di wilayah Maluku Utara. Selain itu, kendala-kendala dalam penanganan ODHA di lapangan juga ikut dibahas oleh masing-masing peserta. Dalam kesempatan ini, BRSODH “Wasana Bahagia” melalui Bapak Dr. Udan Suheli, Aks, M.Pd juga memaparkan program layanan dan capaian Balai dalam rangka penanganan HIV/AIDS di wilayah Indonesia Timur termasuk Maluku Utara. Pemaparan ini disambut baik dengan berbagai pihak dan terdapat kesediaan kerjasama dalam rangka mengoptimalkan koordinasi dalam proses rujukan dan penanganan kasus sesuai dengan program dan peran masing-masing instansi. Rapat koordinasi ditutup dengan penandatanganan MoU mengenai kerjasama antar Dinas Kesehatan Kota Ternate beserta Instansi Terkait yang hadir. Rapat Koordinasi ini berlangsung pada tanggal 8 Mei 2019 di Dinas Kesehatan Kota Ternate. (Qadriansyah/Penyuluh Sosial)

Posted in Pelayanan Sosial on Jun 05, 2019