Bootstrap 4

This is a simple hero unit, a simple jumbotron-style component for calling extra attention to featured content or information.


It uses utility classes for typography and spacing to space content out within the larger container.

Learn more

KEGIATAN ORIENTASI PENGENALAN PANTI

Kegiatan Orientasi Pengenalan Panti (OPP) penerima manfaat merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV “Wasana Bahagia” di Ternate setiap semseter sebagai rangkaian awal dari program layanan rehabilitasi sosial panti yang harus diikuti oleh penerima manfaat baru yang dinyatakan lulus seleksi. Kegiatan OPP diperuntukkan untuk penerima manfaat baru agar memudahkan penerima manfaat dalam proses adaptasi, menyesuaikan diri dengan lingkungan panti yang baru dan mengenalkan lembaga PSRSODHIV dari segi program layanan rehabilitasi sosial di setiap seksi, fasilitas, sarana dan prasarana.

2

Kegiatan OPP penerima manfaat dilaksanakan selama 5 hari, di mulai pada tanggal 20 sampai dengan 24 Februari 2018 dan diikuti oleh seluruh penerima manfaat baru. Dalam pelaksanaan kegiatan, Penerima manfaat dibagi menjadi 4 kelompok agar memudahkan proses adaptasi dengan teman barunya yang berasal dari berbagai macam daerah asal. Masing masing kelompok menampilkan identitas yang berbeda baik nama kelompok, yel yel, maupun penampilan/atribut yang digunakan selama mengikuti kegiatan OPP.

Pada hari pertama kegiatan dibuka oleh Kepala PSRSODHIV “Wasana Bahagia” di Ternate yang diwakilkan kepada Bapak Agung Santoso selaku KaSubBag Tata Usaha dan dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Seksi Layanan Rehabiltasi Sosial Ibu Jamila Moh. Zen selaku penanggung jawab kegiatan. Sebelum memulai penyampaian materi pertama, penerima manfaat mengikuti prosesi pembacaan janji penerima manfaat yang dibacakan secara bersama sama agar ada komitmen selama mengikuti proses rehabilitasi sosial di panti dan pretest.

Materi di hari pertama di sampaikan oleh Sub Bagian Tata Usaha mengenai sejarah singkat panti, alur layanan panti, tugas dan fungsi sub bagian tata usaha. Pemberian materi ini bertujuan agar penerima manfaat mengenal sejarah panti, tugas dan fungsi sub bagian tata usaha.

Pada hari kedua kegiatan di mulai dengan rivew materi pertama yang disampaikan penerima manfaat dengan metode presentasi setiap kelompok. Dilanjutkan dengan penyampaian materi dari seksi asesmen dan advokasi sosial mengenai peranan Seksi Asessmen dan Advokasi Sosial dalam rangka pelayanan rehabilitasi sosial kepada penerima manfaat dan penyampaian hak dan kewajiban penerima manfaat.

Pada hari ketiga penerima manfaat memulai dengan rivew materi HIV/AIDS dasar dengan game dilanjutkan dengan presentasi penerima manfaat mengenai hak dan kewajiban. Penyampaian materi di hari ketiga disampaikan oleh Kepala Seksi Layanan Rehabilitasi Sosial mengenai Layanan Rehabilitasi Sosial dan perkenalan penerima manfaat dengan pekerja sosial pengampu.

Pada hari keempat dan kelima penerima manfaat mengikuti senam bersama instruktur dan mendapatkan materi dinamika kelompok yang di pandu oleh pekerja sosial sebagai fasilitator dan perkenalan dengan seluruh pegawai dengan mengumpulkan tanda tangan pegawai masing masing kelompok penerima manfaat. Dengan perkenalan ini diharapkan penerima manfaat mengenal pegawai yang ada di panti dan memudahkan penerima manfaat ketika membutuhkan informasi maupun akses layanan yang diberikan panti kepada penerima manfaat. Sebagai penutup kegiatan, penerima manfaat mengikuti kegiatan post test untuk mengetahu sejauh mana penyerapan materi yang disampaikan narasumber selama kegiatan OPP.

Dari rangkaian acara selama OPP penerima manfaat kegiatan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana. Hal ini terlihat dari antusias penerima manfaat dalam mempersiapkan setiap tugas yang diberikan oleh panitia pelaksana kegiatan setiap harinya, keaktifan penerima manfaat pada sesi presentasi tugas dan sesi tanya jawab. Penyampaian materi dari narasumber yang menarik diselingi dengan kuis dan dinamika kelompok memudahkan penerima manfaat memahami materi yang disampaikan. Hal ini bisa dilihat dari hasil pre test dan post test penerima manfaat yang mengalami peningkatan setelah mendapatkan materi.

Akhirnya kami ucapkan selamat bergabung untuk penerima manfaat baru di keluarga besar PSRSODHIV Wasana Bahagia di Ternate, semoga penerima manfaat lebih menyatu dengan lembaga PSRSODHIV “Wasana Bahagia” di Ternate dan mampu memberikan yang terbaik, mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki selama proses belajar di panti.

                                                (Dwiani R/peksos muda)

Posted in Pelayanan Sosial on Feb 26, 2018