KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) ORANG DENGA HIV PANTI SOSIAL REHABILITASI SOSIAL ORANG DENGAN HIV “WASANA BAHAGIA” DI TERNATE

Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV “Wasana Bahagia” di Ternate merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial RI yang memberikan layanan rehabilitasi social kepada Orang Dengan HIV dan mempunyai tugas memberikan bimbingan, pelayanan dan rehabilitasi sosial yang bersifat kuratif, rehabilitatif dan promotif dalam bentuk bimbingan pengetahuan dasar pendidikan, fisik, mental, sosial, pelatihan ketrampilan, resosialisasi, bimbingan lanjut bagi orang dengan HIV agar mampu mandiri dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat serta pengkajian dan penyiapan standar pelayanan, pemberian informasi dan rujukan. (Sesuai dengan Permensos No. 19 tahun 2016).

Di dasari atas usaha mengembangkan dan mendesain program layanan rehabilitasi sosial yang sesuai dengan masalah dan potensi yang ada pada diri Orang Dengan HIV, maka Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV “Wasana Bahagia” Ternate menganggap penting melaksanakan kegiatan layanan di luar panti selain program utama reguler di dalam panti. Salah satu kegiatan luar panti yang di laksanakan adalah kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Orang Dengan HIV.

KIE (komunikasi, informasi dan edukasi) Orang Dengan HIV adalah rehabilitasi sosial yang dilaksanakan secara berkelompok dengan mengedepankan penanganan secara berkelompok dan pendampingan dari masyarakat. KIE dikembangkan dengan konsep perpaduan layanan kelompok Orang Dengan HIV dan penguatan peranan masyarakat agar masyarakat memberikan andil dalam penanganan masalah Orang Dengan HIV di masyarakat.

Dalam program KIE diberikan pembekalan kader yang berasal dari masyarakat dimana mereka diharapkan sebagai agen perubahan untuk masyarakatnya, mengeleminir diskriminasi dan memberikan kesempatan kepada Orang Dengan HIV berkontribusi di masyarakat. Sedangkan untuk Orang Dengan HIV mereka mendapatkan bimbingan dan penguatan secara berkelompok dengan didampingi oleh tenaga ahli sesuai bidang baik dari sisi kesehatan, psikologis, social dan ketrampilan praktis.

Program Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) untuk pertama kalinya di laksanakan oleh Panti Sosial Rehabilitasi Sosial di Ternate sebagai panti alih fungsi. Kabupaten Halmahera Utara di pilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan KIE Orang Dengan HIV di karenakan di Kabupaten tersebut ada Yayasan yang konsen dalam pelayanan kesehatan bagi Orang Dengan HIV. Yayasan Hohidiahi sebagai mitra kerja Panti ini menjadi tempat pelaksanaan kegiatan selama 5 hari, mulai tanggal 15 sampai dengan 19 Mei 2017.

Tujuan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Orang Dengan HIV ini adalah:

  1. Sebagai upaya pengentasan masalah kesejahteraan sosial bagi Orang Dengan HIV di daerah yang tidak dapat tertampung di dalam Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV “Wasana Bahagia” di Ternate.

  2. Meningkatnya fungsi sosial dan ekonomi produktif Orang Dengan HIV setelah mendapatkan layanan KIE dari panti.

  3. Terbentuknya cikal bakal KDS sebagai embrio dalam pendampingan Orang dengan HIV secara berkelompok.

  4. Meningkatnya kesadaran dan peran aktif keluarga dan masyarakat dalam melaksanakan pendampingan dan membantu Orang Dengan HIV dalam segala aspek kehidupannya.

  5. Memberikan bantuan barang sebagai stimulan untuk mengembangkan usaha berdasarkan keterampilan yang dimilikinya.

Sesuai dengan Surat Keputusan Tim Pelaksana program Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Orang Dengan HIV kegiatan di mulai dari proses penjajagan, pendataan, sosialisasi, rekruitmen, pelaksanaan program, pemberian bantuan stimulant, monitoring dan evaluasi program.

Selama kegiatan berlangsung dari tanggal 15 sampai dengan 19 Mei 2017 peserta yang terdiri dari 20 orang diberikan materi dan praktek. Materi yag diberikan seperti :

  • Pengenalan Profil PSRS Orang Dengan HIV “Wasana Bahagia” Ternate

  • Hak dan Kewajiban Peserta KIE

  • Rehabilitasi Sosial Berbasis Komunitas

  • Pegenalan dan pembentukan Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Orang Dengan HIV

  • Pentingnya Kesehatan Berbasiskan Komunitas

  • Dinamika Kelompok

  • Need Assesmen dan pengetahuan pemanfaatan toolkit

  • Teori dan praktek ketrampilan pertanian dan pembuatan kue praktis

Keberhasilan pelaksanaan kegiatan KIE bergantung pada proses pembelajaran dan pelatihan ketrampilan yang dilaksanakan oleh para petugas/ nara sumber dan instruktur, sehingga membutuhkan nara sumber/instruktur yang mumpuni dan berpengalaman dalam mengajar serta memberikan pelatihan kepada para peserta dengan waktu yang singkat agar dapat menambah ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang berguna bagi peserta program. Bantuan stimulant di akhir kegiatan merupakan bagian dari motivasi bagi peserta agar mereka tetap berkarya sesuai dengan kemampuannya dan ke depannya mereka bisa mandiri, mampu di terima dan bisa berinteraksi dengan lingkungannya.tanpa stigma negative dan diskriminasi.

(oleh :Dwiani Rafikasari/ Peksos Muda)

Posted on May 24, 2017