KEGIATAN CERAMAH HIV PENERIMA MANFAAT TOGETHER WE WILL CHANGE THE FUTURE OF HIV/AIDS


Syukuri apa yang ada….Hidup adalah anugerah… Tetap jalani hidup ini… Melakukan yang terbaik… Tak ada manusia… Yang terlahir sempurna, Jangan kau sesali… Segala yang telah terjadi Tuhan pasti kan menunjukkan… Kebesaran dan kuasanya Bagi hambanya yang sabar…Dan tak kenal putus asa Jangan menyerah jangan menyerah....

Itulah Sepenggal lirik lagu Jangan menyerah yang dinyanyikan oleh D'Masiv di mana lagu tersebut mengajarkan kita untuk tidak putus asa dan tetap semangat menghadapi hidup dan harus tetap mensyukuri hidup. Lagu ini dinyanyikan oleh penerima manfaat sebagai pembuka kegiatan Ceramah HIV yang dilaksanakan oleh Seksi Layanan Rehsos PSRS ODHIV “Wasana Bahagia” di Ternate pada tanggal 26 sampai dengan 27 Juli 2017 di Aula Pertemuan panti dengan tema TOGETHER WE WILL CHANGE THE FUTURE OF HIV/AIDS.

Ceramah HIV yang di ikuti Penerima manfaat merupakan salah satu kegiatan peningkatan pemahaman dan pengetahuan yang bertujuan untuk membekali Penerima Manfaat mengenai HIV, Infeksi Menular Seksual (IMS), Infeksi Oportunistik (IO). Penerima Manfaat mengetahui bagaimana penularan IO yang meningkatkan resiko menurunnya kesehatan dan tingkat kesakitan ODHIV, penerima manfaat mengetahui bagaimana cara mengelola perilaku hidup sehat dengan kondisi memiliki virus HIV di tubuhnya, penerima manfaat bisa mencegah atau mengurangi resiko level HIV menurun sampai ke level AIDS dan menambah pengetahuan mengenai Kelompok Dungungan Sebaya (KDS).

Berdasarkan hal tersebut maka dalam kegiatan Ceramah HIV di isi oleh pemberian materi yang berkaitan dengan pentingnya pengetahuan HIV, Infeksi Menular Seksual (IMS) dan Infeksi Oportunistik (IO). Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini antara lain : Syahruddin, SKM,S.Kep.NS, M. MKes ( Ketua PKVHI Propinsi Maluku Utara) ; Dr. Rabiatul Adawiah Sidi Umar (Kepala PKM Kalumata) ; Dr. Ani Mujiati ( Dokter Konsultan PSRS ODHIV Wasana Bahagia di Ternate) dan Anarti Rahmawati ( Wakil Direktur LSM Rorano Kota Ternate)

Materi disajikan dengan sangat menarik. Di hari pertama peserta kegiatan diajak untuk mengetahui tentang pengetahuan HIV/AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS) sebagai salah satu pintu masuknya virus HIV/AIDS. Nara sumber menjelaskan bahwa para penderita HIV- AIDS tidak perlu dijauhi/dikucilkan. Penularan HIV tidak terjadi karena bersentuhan, penularannya terjadi melalui empat (4) jenis cairan : asi, cairan vagina, cairan sperma dan darah, sehingga yang perlu kita lakukan adalah menjauhi penyakitnya bukan orangnnya. Sedangkan Infeksi Menular Seksual (IMS) bisa di hindari oleh penderita HIV jika menerapkan pola hidup sehat, dan perilaku seks yang aman.

Di hari kedua materi di sampaikan oleh dokter konsultan Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV Wasana Bahagia di Ternate dan Wakil Direktur LSM Rorano Kota Ternate. Dalam materinya Dokter Ani menjelaskan apakah Infeksi Oportunistik dan bagaimana cara mengobati dan mencegah IO bagi Orang dengan HIV. Sedangkan materi dari LSM Rorano Kota Ternate lebih banyak menjelaskan tentang Kelompok Dukungan Sebaya. Kelompok Dukungan Sebaya atau KDS merupakan sebuah kelompok yang mempunyai prinsip bahwa tujuan kelompok adalah mensupport dan membantu setiap anggota kelompok dalam kehidupan keseharian ODHIV. Dengan saling berbagi diantara anggota yang baru bergabung dengan anggota kelompok lainnya diharapkan akan membawa kekuatan dan kesempatan bagi individu yang bergabung melalui rasa empati dan senasib seperjuangan. Selain itu juga dengan KDS bisa diperoleh informasi kesehatan, perawatan dan pengobatan maupun kegiatan-kegiatan yang bermanfaat yang di perlukan ODHIV. Narasumber memberikan kesempatan kepada peserta kegiatan dalam hal ini penerima manfaat untuk berdiskusi bagaimana membuat kegiatan yang baik untuk Kelompok Dukungan Sebaya tersebut. Kegiatan diskusi dilanjutkan dengan presentasi masing-masing kelompok .

Diakhir kegiatan semoga kegiatan ceramah HIV yang dilaksanakan bisa membawa manfaat bagi penerima manfaat, menerapkan dalam kehidupan sehari hari setiap materi yang disampaikan, memulai dari diri sendiri untuk membiasakan pola hidup sehat, menjaga perilaku dan hubungan social yang lebih baik. Bersama kita mengubah masa depan yang lebih baik. Sukses selalu PM PSRS ODHIV Wasana Bahagia (oleh : Dwiani Rafikasari/Pekerja Sosial )

Posted in Pelayanan Sosial on Aug 01, 2017