Bootstrap 4

This is a simple hero unit, a simple jumbotron-style component for calling extra attention to featured content or information.


It uses utility classes for typography and spacing to space content out within the larger container.

Learn more

Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Layanan BRSODH "Wasana Bahagia" di Ternate Periode Januari - April 2019


Pemerintah senantiasa berbenah dalam rangka perbaikan dan peningkatan pelayanan publik yang dilaksanakan berbagai instansi kepada masyarakat. Amanat Undang Undang Nomor 25 Tahun 2019 tentang Pelayanan Publik, negara memiliki kewajiban untuk menyediakan pelayanan publik sesuai dengan standar pelayanan minimal dalam memenuhi ragam kebutuhan masyarakat. Salah satu usaha perbaikan maupun peningkatan layanan publik adalah melalui pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat yang diatur dalam Permenpan No. 14 Tahun 2017 tentang pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat.

Permenpan No.14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat telah diadaptasi oleh Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial ke dalam Perdirjen Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Pelaksana Teknis Di Lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial. Adaptasi peraturan bertujuan untuk melakukan penyesuaian dalam panduan pelaksanaan survey kepuasan masyarakat dalam pelayanan yang diberikan oleh seluruh unit kerja di bawah Dirjen Rehsos. Dengan adanya turunan aturan ini, maka survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan sosial dari setiap unit kerja dibawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial bisa lebih akurat.

BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial RI yang melaksanakan pelayanan publik melalui kegiatan rehabilitasi sosial kepada Orang dengan HIV baik di dalam maupun luar balai. Sebagai salah satu penyelenggara pelayanan publik, maka BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate wajib melaksanakan Survey Kepuasan Masyarakat untuk melihat Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) atas layanan yang disediakannya. Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate Tahun 2019 dilaksanakan pada Tanggal 17 April di Ruang Rapat Utama. Kegiatan ini diawali dengan penjelasan singkat mengenai petunjuk pengisian instrumen untuk menyamakan persepsi responden dalam pengisiannya. Survey Kepuasan Masyarakat balai diikuti oleh 31 penerima manfaat Time Bound Shelter sebagai responden. Responden diwajibkan mengisi instrumen dengan kondisi sebenarnya berdasarkan 9 unsur layanan yaitu persyaratan, prosedur/alur layanan, waktu penyelesaian, biaya, spesifikasi produk layanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan dan pengaduan serta sarana dan prasarana.

Instrumen yang telah diisi selanjutnya akan diolah dan dianalisis menjadi sebuah laporan Survey Kepuasan Masyarakat yang nantinya memuat kesimpulan mengenai nilai dan kategori Indeks Kepuasan Masyarakat mengenai layanan di BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate. Hasil dari Survey Kepuasan Masyarakat ini akan dimanfaatkan sebagai media evaluasi untuk melihat kinerja balai sekaligus sebagai dasar penentuan kebijakan dalam mengakselerasi kualitas pelayanan balai kedepannya. Berdasarkan hasil Survey Kepuasan Masyarakat yang telah dilaksanakan, BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate mendapatkan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 86,31 yang berarti memiliki predikat “B” atau Baik. Semoga kualitas layanan BRSODH “Wasana Bahagia” di Ternate dapat dipertahankan dan ditingkatkan di Survey Kepuasan Masyarakat periode berikutnya.

Posted in Pelayanan Sosial on May 02, 2019