BOGOR. Bertempat di Royal Hotel Kota Bogor pada tanggal 9 hingga 10 Juni 2017 Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV 'Wasana Bahagia' di Ternate mengikuti kegiatan bimbingan teknis sistem informasi pelayanan publik nasional (SIPPN) yang diselenggarakan oleh bagian Organisasi, Hukum dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Pelayanan publik merupakan salah satu fungsi utama pemerintah dalam usaha pemenuhan kebutuhan masyarakat atas pengadaan jasa yang diperlukan. Pemenuhan kepentingan dan kebutuhan masyarakat ini sangat menentukan bagi kelangsungan dan tegaknya sistem pemerintahan. Sistem informasi pelayanan publik nasional dapat diakses di http://sipp.menpan.go.id/

sipp halaman muka.jpg

Disadari bahwa aparatur negara masih dihadapkan pada sistem manajemen pemerintahan yang belum efisien dan lemah yang antara lain menghasilkan kualitas pelayanan publik yang rendah sehingga terjadilah berbagai praktek korupsi, kolusi dan nepotisme serta mengakibatkan inefisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Upaya perbaikan dan peningkatan kinerja aparatur, diharapkan dapat mewujudkan pelayanan yang cepat, murah, mudah, berkeadilan, berkepastian hukum, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan perkembangan dinamika yang terjadi di masyarakat.

Kegiatan bimtek ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yaitu Kepala Bidang Sistem Informasi Pelayanan Publik ibu Emida Suparti. Selain menjabarkan berbagai hal tentang SIPPN, mereka juga melakukan simulasi bagaimana menginput berbagai informasi pelayanan publik yang dilaksanakan oleh panti kedalam aplikasi Sistem Pelayanan Publik Nasional.

SIPPN merupakan jawaban bagi masyarakat yang menginginkan pelayanan publik yang cepat, tepat, efektif, efisien, transparan dan adil. Masyarakat disini adalah semua orang pengguna pelayanan publik itu sendiri dimana kita semua juga termasuk didalamnya.

Dulu instansi pemerintah menyediakan informasi pelayanan publik masing - masing namun sekarang semua informasi pelayanan publik dari berbagai instansi tersebut terintegrasi dalam SIPPN, hal ini sebagai perwujudan implementasi UU No 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. Sistem informasi yang terintegrasi ini tentu saja sangat memudahkan masyarakat ketika hendak mendapatkan atau mengakses informasi tentang suatu produk layanan publik yang dibutuhkan.

Bagi Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang dengan HIV 'Wasana Bahagia' di Ternate yang masih belum cukup dikenal masyarakat luas dikarenakan sebagai panti yang baru alih fungsi, SIPPN ini tentu saja sangat bemanfaat dalam rangka menyampaikan informasi kepada masyarakat luas tentang program rehabilitasi sosial yang diberikan panti kepada masyarakat. (Suranta, Pekerja Sosial)

Posted on Jun 15, 2017