BIMBINGAN FISIK BAGI ODHA DI PSRSODHIV

Bimbingan fisik yang diadakan di PSRSODHIV adalah senam bersama penerima manfaat dan pegawai di hari jum`at pagi. Mengikuti trend atau senam kekinian yaitu zumba, pada awalnya kita khawatir terlalu berat bagi penerima manfaat. Baiklah, peraturannya adalah ikut saja semampunya sambil kita mengobservasi sampai sejauh mana kemampuan tubuhnya mengikuti zumba. Hasilnya bagi penerima manfaat yang sedang dalam kondisi fit, mereka bisa mengikuti dengan semangat, dan bagi beberapa orang hanya mengikuti semampunya, dan ada juga yang hanya menonton saja, menikmati suasana. Rata-rata mereka menyukai senam zumba yang energik, karena mayoritas mereka berada pada usia remaja, hingga zumba ini berlanjut sampai sekarang di angkatan III.

Adapun olah raga tambahan yaitu badminton, sepeda statis, treadmill dan berenang di laut. Kegiatan olar raga tersebut, diikuti penerima manfaat yang berminat saja. Olah raga merupakan kegiatan refreshing, membuat badan segar, pikiran lebih fresh, dan bisa juga sambil cuci mata bila berenang di laut (menurut penuturan mereka). Manfaat lainnya adalah menambah nafsu makan, memperbaiki pola tidur, ketahanan jantung dan paru, mengontrol kolesterol dan diabetes, massa otot dan kekuatan tulang meningkat, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan catatan, konsultasikan ke dokter dulu dengan melihat kondisi fisik, jangan terlalu berlebihan, hati-hati cedera, dan jangan sampai dehidrasi.

Lalu olah raga apa yang cocok buat ODHA? Menurut ahli di bidngnya, olah raga kardio merupakan olah raga yang cocok selain olah raga untuk meningkatkan kekuatan otot. Olah raga kardiovaskular bisa meningkatkan kadar oksigen dan denyut jantung. Sedangkan olah raga kekuatan otot bisa mengurangi lemak dan menyehatkan tulang. Jenis olah raga kardio yaitu jalan cepat, jogging, lari, bersepea, berenang,lompat tali, dan aerobik. Kalau olah raga kekuatan otot bisa push-up, sit-up, dan angkat barbel. Dan yang lebih santai lagi adalah yoga.

Bervariatif juga ternyata olah raga bagi ODHA. Jadi ODHA berolahraga, aman aja ko, selama bisa mengaturnya dengan baik. Dan semoga kedepannya PSRSODHIV bisa mengakomodir sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

                                                    (ainur – Peksos)

Sumber : GueBisa.org

Posted in Pelayanan Sosial on Mar 05, 2018