Meski pada masa pandemi Covid19, Pelayanan Balai Karya Wasana Bahagia dinyatakan Sangat Memuaskan


Indeks Kepuasan masyarakat (IKM) terhadap pelayanan rehabilitasi sosial kepada orang dengan HIV (ODH) yang diselenggarakan di Balai Wasana Bahagia Ternate dinyatakan sangat memuaskan. Periode pengukuran survey dimulai pada bulan Januari hingga bulan September tahun 2020 dengan jumlah responden sebanyak 70 orang yang terdiri dari pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS). Pengkuran survey dilakukan dengan pengisian kuesioner yang terdiri dari sembilan unsur penilaian utama yaitu persyaratan mendapatkanpelayanan, sistem mekanisme dan prosedur, waktu penyelesaian pelayanan, biaya / tarif pelayanan, produk spesifikasi dan jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan saran dan masukan dan sarana dan prasarana.

TRC 2

Semenjak meluasnya pandemic covid 19 ke berbagai wilayah di Indonesia , Balai Wasana Bahagia Ternate tetap melaksanakan pelayanan rehabilitasi sosial kepada ODH dengan menerapkan protocol kesehatan pencegahan penyebaran Covid 19. Beberapa adaptasi yang diterapkan selama pemberian pelayanan diantaranya kewajiban penggunaan masker oleh petugas dan PPKS selama berada di balai, menjaga jarak, menyediakan fasilitas cuci tangan di berbagai sudut balai, pemeriksaan Rapid Test Covid, pemberian nutrisi dan suplemen vitamin penambah imunitas tubuh, Disinfektan seluruh bangunan kantor dan asrama dan pembatasan akses keluar masuk balai, adapun untuk pelayanan yang berbasis komunitas dilaksanakan dengan menggunakan fasilitas video conference / daring

TRC 2 Pengukuran survey kepuasan masyarakat merupakan pengumpulan data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitattif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan yang diberikan oleh setiap instansi pemerinatah penyelenggara pelayanan publik. Seperti yang diatur di Peraturan Menteri Aparatur negara dan Reformasi Birokrai Nomor 14 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei kepuasan masyarakat unit Penyelenggara Pelayanan Publik. (ndaru suranta, peksos)

Posted in Pelayanan Sosial on Dec 16, 2020