• RUMAH ANTARA : Jembatan Akses Layanan Kesehatan Bagi ODHIV

    Posted in Pelayanan Sosial on Mar 22, 2018

    Mengapa Rumah Antara ? Di satu titik, kehidupan orang dengan HIV membutuhkan penguatan dari layanan kesehatan terutama jika ODHIV baru di ketahui status HIV atau ODHIV yang sudah mengalami infeksi opportunity dan atau sudah mendapatkan terapi ARV (anti retrofiral). Permasalahan kesehatan yang dialami ODHIV memerlukan pemeriksaan dari dokter, pemeriksaan laboratorium dan pendampingan dari konselor. Di sisi lain keterbatasan fasilitas kesehatan yang ada di daerah di luar Kota Ternate menyebabkan layanan kesehatan tidak berjalan optimal, seperti layanan laboratorium, ketersediaan obat ARV dan terapi kesehatan lainnya. Jika seseorang ODHIV telah meminum ARV maka seumur hidup mereka harus minum obat tersebut dengan tingkat kepatuhan minum obat yang terjaga untuk menjaga kekebalan tubuhnya agar tidak menurun. Jika tidak teratur minum obat atau bahkan berhenti minum obat ARV maka penyakit lain akan mudah masuk dan terjadi komplikasi penyakit lainnya.

  • “ My Hope ” Social Community Based Care Pertama

    Posted in Pelayanan Sosial on Mar 08, 2018

    Saat ini telah terjadi epidemik penyebaran hiv secara global. Setiap harinya terdapat lebih dari 6800 orang hiv baru dan lebih dari 5700 orang meninggal dunia setiap harinya dikarenakan aids. Dan pada tahun 2007 penyandang odha secara global diperkirakan sudah mencapai 33.2 juta jiwa. Lajunya penyebaran penyakit ini salah satunya dikarenakan kurangnya sahabat odha dalam mengakses pengobatan ARV dan pencegahan hiv.


    Baca Selengkapnya>>

  • BIMBINGAN FISIK BAGI ODHA DI PSRSODHIV

    Posted in Pelayanan Sosial on Mar 05, 2018

    Bimbingan fisik yang diadakan di PSRSODHIV adalah senam bersama penerima manfaat dan pegawai di hari jum`at pagi. Mengikuti trend atau senam kekinian yaitu zumba, pada awalnya kita khawatir terlalu berat bagi penerima manfaat. Baiklah, peraturannya adalah ikut saja semampunya sambil kita mengobservasi sampai sejauh mana kemampuan tubuhnya mengikuti zumba. Hasilnya bagi penerima manfaat yang sedang dalam kondisi fit, mereka bisa mengikuti dengan semangat, dan bagi beberapa orang hanya mengikuti semampunya, dan ada juga yang hanya menonton saja, menikmati suasana. Rata-rata mereka menyukai senam zumba yang energik, karena mayoritas mereka berada pada usia remaja, hingga zumba ini berlanjut sampai sekarang di angkatan III.
    Baca Selengkapnya>>

  • Bimbingan Praktis

    Posted in Pelayanan Sosial on Feb 27, 2018

    Berdasarkan evaluasi hasil program pelayanan kesejahteraan sosial penanganan ODHA setahun kemarin, diketahui bahwa banyak penerima manfaat yang memiliki daya kreativitas tinggi. Sehingga pada angkatan III ini dilakukan asesmen diagnosa vokasional, untuk menggali keahlian yang dimiliki sedini mungkin.
    Baca Selengkapnya>>

  • Orientasi Pengenalan Panti (OPP)

    Posted in Pelayanan Sosial on Feb 26, 2018

    Kegiatan Orientasi Pengenalan Panti (OPP) penerima manfaat merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV “Wasana Bahagia” di Ternate setiap semseter sebagai rangkaian awal dari program layanan rehabilitasi sosial panti yang harus diikuti oleh penerima manfaat baru yang dinyatakan lulus seleksi.
    Baca Selengkapnya>>

  • Kewirausahaan Penerima Manfaat 2017

    Posted in Pelayanan Sosial on Aug 09, 2017

    Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan rehabilitasi social penerima manfaat, Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV “Wasana Bahagia” di Ternate mengadakan kegiatan kewirausahaan penerima manfaat sebagai salah satu bentuk pembekalan pengetahuan berwirausaha dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri sesuai dengan kemampuannya sebelum mengakhiri masa rehabilitasi sosialnya di dalam panti


    Baca Selengkapnya>>

  • Kegiatan Ceramah HIV 2017

    Posted in Pelayanan Sosial on Aug 01, 2017

    Syukuri apa yang ada ....Hidup adalah anugerah… Tetap jalani hidup ini… Melakukan yang terbaik… Tak ada manusia… Yang terlahir sempurna, Jangan kau sesali… Segala yang telah terjadi Tuhan pasti kan menunjukkan… Kebesaran dan kuasanya Bagi hambanya yang sabar…Dan tak kenal putus asa Jangan menyerah .jangan menyerah ..


    Baca Selengkapnya>>

  • Bimbingan Teknis Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN)

    Posted on Jun 15, 2017

    BOGOR. Bertempat di Royal Hotel Kota Bogor pada tanggal 9 hingga 10 Juni 2017 Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV 'Wasana Bahagia' di Ternate mengikuti kegiatan bimbingan teknis sistem informasi pelayanan publik nasional (SIPPN) yang diselenggarakan oleh bagian Organisasi, Hukum dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia.

    Pelayanan publik merupakan salah satu fungsi utama pemerintah dalam usaha pemenuhan kebutuhan masyarakat atas pengadaan jasa yang diperlukan. Pemenuhan kepentingan dan kebutuhan masyarakat ini sangat me...

  • Komunikasi Informasi dan Edukasi 2017

    Posted on May 24, 2017

    Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV “Wasana Bahagia” di Ternate merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial RI yang memberikan layanan rehabilitasi social kepada Orang Dengan HIV dan mempunyai tugas memberikan bimbingan, pelayanan dan rehabilitasi sosial yang bersifat kuratif, rehabilitatif dan promotif dalam bentuk bimbingan pengetahuan dasar pendidikan, fisik, mental, sosial, pelatihan ketrampilan, resosialisasi, bimbingan lanjut bagi orang dengan HIV agar mampu mandiri dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat serta pengkajian dan penyiapan standar pelayanan, pemberian informasi dan rujukan. (Sesuai dengan Permensos No. 19 tahun 2016).
    Baca Selengkapnya>>

  • Peningkatan Layanan Publik di PSRS ODHIV

    Posted in Pelayanan Sosial on Apr 21, 2017

    Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik (UU No. 25 Tahun 2009).
    Baca Selengkapnya>>